Mengenal Guruku Bagian 1 (Ust. Sirojjuddin)

Anda pasti mengenal Ust. Sirojjuddin. Beliau salah satu ustadz di ponpes. Yang ku kenal dari pribadi beliau semasa saya nyantri disana.
saya belum tahu persis tahun kelahiran beliau, tapi saya tahu beliau kelahiran Kemlagi. Beliau salah satu santri KH. Arief Hasan yang senantiasa taat dan patuh atas segala dawuh Kiayinya. Sehiiga wal hasil beliau maher benar dalam membaca kitab kuning.
Sososk Ust. Sirojjuddin sangat sederhana sekali. Beliau kelihatan tidak nekoh-nekoh. Kewajibannya banyak dicurahkan dalam membantu belajar santri di pesantren.
Semasa saya nyantri di sanan beliau cinta banget dengan kitab-kitab yang bernafaskan Tasawuf. saya sempat mengikutinya, seperti kitab Isrsyadul 'Ibad, Tanwirul Qulub.
Disamping itu beliau mengajarkan kitab balagho dan Tafsir Jalalain. Dengan kecintaan beliau terhadap kitab kuning. Beliau mampu membuahkan karya-karya yang cukup disenangi oleh kalangan santri. Syair-syair yang beliau buat sangat berarti dalam diri santri. Saya sendiri sering menghafalkan syair-sayair beliau. Beliau bagi saya adalah tokoh sastra di ponpes.
Disisi lain jiwa ketasawufan beliau, diwujudkan dari beliau yang tampil apa adanya. Beliau tidak malu bila selesai mengaji beliau jualan pakaian, jam tangan atau kitab-kitab lainnya. Ciri lain dari beliau adalah suka motor Vesva.
Yang perlu dicontoh dari kepribadian beliau adalah semangat berjuangnya yang cukup tinggi, Kesederhanaan, suka berkarya dan Istiqomah.
Mudah-mudahan Allah mengangkatnya derajat yang mulia di dunia dan akhirat.
Dan ilmu yang saya dapatkan dari beliau semoga menjadi manfaat. Amien....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaca Kehidupan Semut bagi Kehidupan Manusia

Garis Besar Buku The Best Seller Biografi KH. Arief Hasan

Saiful Amin Ghofur Sang Penulis Buku