Mengenal Guruku Bagian 3

Anda pasti kenal Ust. Drs. H. Syihabul Irfan Arief (Gus Fan). Beliau adalah sosok pendidik yang profesional. Beliau sangat jago dalam bhs. Inggris & Arab. Banyak terkesan dalam benak saya,jika beliau berpidato semangatnya membara, santai dan berbobot. Semangat memotifasi kepada para santrinya sangat hebat, diwujudkan dengan aktifitasnya yang cukup padat, beliau masih menyempatkan waktunya untuk mengajar di pesantren.
Beliau sangat suka mengkaji kitab-kitab yang menjurus kepada sosial politik. Saya sangat berkesan ketika beliau mengkaji kitab 'Idhlotun Nasyi'in. Beliau sangat hebat, paham benar akan isi kitab tersebut. Disamping itu banyak kitab-kitab lain yang dikhatamkannya dihadapan para santri.
Beliau dalam mengkaji kitab senantiasa dihayati sehingga pada ujung penutupan kitab, beliau senantiasa berdo'a agar bermanfaat bagi dirinya dan para santrinya. Beliau selalu khusuk dalam berdo'a, tak heran bila beliau setelah mengkhatamkan kitab yang dikajinya berdo'a dan menangis sesungguh-sungguhnya. Para santripun terbawa dalam kekhusukannya dalam berdo'a.
Dengan kerendahan dan keahliannya, beliau tetap sederhana, murah senyum dan optimisme. Tak heran bila para elit politik memilih beliau sebagai pemimpin yang diidam-idamkan. Karena itu kepada beliau, banyak orang yang sungkan dan hormat atas keahlian beliau.
Beliau banyak memiliki ilmu dan berpengalama dalam dunia kepemerintahan. Di dalam dan di luar negeri telah dijelajahinya dalam memmperoleh perbendaraan ilmu yang luas dan konferhensip. Mungkin apa yang dilakukan beliau merupakan titisan atau mempunyai jiwa berpolitik menurun dari orang tuanya (KH. Arief Hasan, Beliau dulu pernah berpolitik dan duduk di pemerintahan lalu keluar dan kembali menfokuskan untuk membesarkan pesantrennya alias fokus pada pendidikan di pesantrennya. Wallahu A'lamu...)
Pendidikan formal yang dipimpinnya semakin hari semakin berkembang dan dikenal khalayak masyarakat. Mulai dari MI, MTs, MA, SMAI dan STM.
Semangat yang membara dalam membesarkan ponpes sangat kental sekali pada diri beliau. Semoga para santrinya mampu meniru keahlian, kesederhanaan, kewira'ian, keuletan dan keistiqomaannya dalam menjalankan amanah. Amien...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaca Kehidupan Semut bagi Kehidupan Manusia

Garis Besar Buku The Best Seller Biografi KH. Arief Hasan

Saiful Amin Ghofur Sang Penulis Buku