Rabu, 06 Mei 2009

Karya Alumni Santri Roudlotun Nasyi'in

“Setengah dari ilmu untuk memahami tentang arti al-Qur’an dan al-Hadits secara detail adalah ilmu nahwu yang harus diketahui terlebih dahulu, karena perkataan Arab (bahasa Arab) tanpa ilmu nahwu, maka tidak akan dimengerti”.

Ilmu nahwu adalah ilmu yang mempelajari fungsi suatu kata dalam suatu kalimat bahasa Arab atau disebut juga Sintaksis ( tata kalimat ). Kunci dalam mempelajari bahasa adalah banyaknya kosa kata yang dimiliki (dihafal) dan menerapkannya di dalam kalimat, dengan demikian ia akan mampu berbahasa dengan baik, namun hal itu belum menjamin keselamatan ungkapan dari kefahaman dan ketidak fahaman pendengar atau lawan berbicara yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan suatu kaidah, terutama dalam bahasa Arab yang penuh dengan berbagai macam kaidah, apabila salah dalam menggunakannya maka akan berakibat fatal terhadap arti dan maksud dari ungkapan tersebut. Untuk itu, penting sekali dalam mempelajari dasar-dasar dari kaidah ilmu Nahwu, sekiranya dapat membantu dalam mempelajari bahasa Arab dan mendalami al-Qur’an dan al-Hadits.







Nadlom Imrithi
Li Syaikh Syarifuddin Yahya al-Imrithiy
Metode Belajar Ilmu Nahwu Untuk Kalangan Madrasah Diniyah
Disusun oleh H. M. Nur Kholish Madzkur

Buku ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan para pembaca dalam mendalami ilmu nahwu. Sehingga akan mempermudah dalam membaca dan memahami bahasa Arab (baik yang berkharokat atau tidak, memahami asal-usul perubahan lafadz, makna dan pengertiannya).
Buku ini terdiri dari 2 jilid dan disampaikan dengan bahasan pesantren yakni pego Arab. Diterangkan perbait dengan Qouluhu… ila… Qoulihi… dan disertai keterangan berkala (agar mudah diingat).
Semoga dengan hadirnya buku ini bisa memberikan manfaat buat masyarakat muslim.
*Apabila para pembaca menginginkan buku tersebut (satu paket jilid 1 & 2) dengan harga Rp. 22.000 (sudah termasuk biaya via pos).
*Transfer uang anda ke BRI No. Rek. 3708-01-00881-53-4 an. Nur kholish. Atau
* No. Rek. BRI Cab. Kaliasin-Surabaya: 009601037165501 an. Zainul Arifin, S.AG.
* Setelah anda mentransfer uang Pesanan tersebut, mohon SMS/Call : Zainul Arifin M. (081703314880) di Surabaya atau H. M. Nur Kholis Madzkur (0321-7186692) di Mojokerto
* Jangan lupa kirim data lengkap dan jelas diri pemesan.



Sekilas Biografi Penulis H. M. Nur Kholish Madzkur


H. M. Nur Kholish Madzkur yang biasa dipanggil pak Kholish adalah sosok yang sangat plural, supel, santai, penuh humor dan sederhana dalam berpenampilan. Beliau putra ke-3 dari al-maghfurlah H. Madzkur dan Hj. Muslichah. Pria kelahiran Gempolkerep-Gedeg-Mojokerto, 14 Juli 1977, pernah mengeyam pendidikan formal maupun non formal. Keseriusan dalam mendalami ilmu Nahwu dijalani dengan penuh kesabaran dan keistiqomahan membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Beliau pernah berguru ke KH. Zainul Arifin Arief (Pemangku Ponpes Roudlotun Nasyi’in Beratkulon-Mojokerto) selama 6 tahun, kemudian melanjutkan pendidikan ke Pesantren al-Anwar Sarang – Jawa Tengah yang diasuh oleh KH. Maiumun Zubaier (mbah Maiumun) selama 5 tahun. Selang beberapa tahun Beliau Belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Uluwiyah Mojosari-Mojokerto.
Kegiatan Beliau disibukkan mengajar beberapa kitab kuning di Ponpes Roudlotun Nasyi’in, Madarasah Diniyah Roudlotun Nasyi’in, Madrasah Diniyah Anwarul Muttaaqien dan Sekolah Dasar Islam “Insan Mulya”.
Disamping itu, beliau mengisi pengajian rutin atau khutbah dibeberapa tempat seperti di Masjid Pabrik Gula Gempolkerep, Masjid Gempolkerep, Masjid Al-Fajri Sidoarjo dan Jama’ah Yaasin lainnya.
Kegiatan lainnya, Beliau sering bergaul dan bermusyawarah dengan para tokoh masyarakat dan kiai, seperti al-maghfurlah KH. Thohir Al-Aly (pengarang Kitab Tilawati), KH. Sholeh Hasan (pengarang Kitab Adz-Dzikr), KH. Mashul Ismail (Ketua Bahtsul Masail Mojokerto), KH. Abd. Hafidz (Koordinator Kitab Qiroati Mojokerto) dll.

1 komentar:

  1. wow aku bangga dengan antum, semoga bermanfaat dan sekaligus mengangkat almamater kita. RONAS memang The bast. oke

    BalasHapus