Mengamalkan Al-Qur'an Yuk....!


اَللَّهُمَّ زَينِّاَّ بِزِيْنَةِ الْقُرْأَن
وَاَكْرِمْنَا يَا اَلله بِكَرَاَمةِ اْلقُرْأَن


Hiasilah diri kami
Dengan keindahan Al-Quran
Muliakanlah, Ya Allah, kami semua
Dengan kemuliaannya

Kurniakanlah
Keberkatan kalamMu Ya Allah
Agar menjadi pegangan kami
Di dunia ini

Dan menerangi kami
Dari kegelapan pusara nan sepi
Juga pembela kami
Kelak nanti di negeri abadi

Berikanlah kami
Kefahaman membacanya
Dan berikanlah kami
Kekuatan mengamalkannya
Perkenankanlah doa kami Ya Allah

استجب دعائنا يا الله يا الله




Dikisahkan, dari Abu Umamah r.a. berkata, Rasulullah saw. menganjurkan kami untuk mempelajari Al-Qur’an. Setelah itu, Beliau memberitahu kelebihan Al-Qur’an. Rasulullah saw. bersabda:”Pelajarilah Al-Qur’an! Diakhirat nanti, dia akan datang kepada para ahlinya, yang saat itu orang sangat memerlukannya.Al-Qur’an akan datang dalam bentuk terindah dan bertanya, ”Kenalkah kamu kepadaku?". Orang yang suka membaca Al-Qur’an akan menjawab, ”siapakah kamu?”. Kata Al-Qur’an , ”Akulah yang kamu cintai dan kamu sanjung. Aku jugalah yang membuatmu bangun di waktu malam untuk membacaku. Aku juga yang kamu baca di waktu siang".

Kata orang yang membaca Al-Qur’an, ”Adakah kamu Al-Qur’an ?”. Lalu Al-Qur’an mengakui dan menuntun orang yang membacanya menghadap Allah. Kemudian orang itu diberi kerajaan ditangan kanan dan diletakan mahkota di atas kepalanya .

Orang tuanya yang muslim juga diberi perhiasan yang tidak dapat ditukar dengan dunia walau berlipat ganda sehingga keduanya bertanya, ”Dari manakah kami memperoleh semua ini, padahal amal kami tidak sampai?”. Lalu dijawab, ”Kamu diberi semua ini karena anak kamu telah mempelajari Al-Qur’an”. (kutipan dari 1001 kisah)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Penghapal al-Quran akan datang pada hari kiamat, kemudian al-Quran akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), al-Quran kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu dipakaikan jubah kemuliaan. Kemudian al-Quran memohon lagi: Wahai Tuhanku, ridhailah dia, maka Allah Subhanahu wata 'ala meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu: bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah Subhanahu wata 'ala menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan ni`mat dan kebaikan". (HR.Tirmizi, (2916), Ibnu Khuzaimah, al-Hakim (1/553).

Dari Buraidah ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Siapa yang membaca al-Qur'an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari Kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini: dijawab: “karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari al- Qur'an”. (HR. al-Hakim dan ia menilainya sahih berdasarkan syarat Muslim (1/568). Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya (21872) dan Ad-Darimi dalam Sunannya (3257).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaca Kehidupan Semut bagi Kehidupan Manusia

Garis Besar Buku The Best Seller Biografi KH. Arief Hasan

Saiful Amin Ghofur Sang Penulis Buku