Aku Lahir 14 Pebruari

Ketika Allah menghendaki sesuatu maka terjadilah (QS. Yasin: 82), aku berfikir kenapa aku lahir di Mojokerto pada tanggal 14 Pebruari? Tentunya Allah-lah yang berkehendak. “Dia-lah (Allah) yang memberi kehidupan dan menyebabkan kematian. Jika Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya mengatakan, “Jadilah” maka jadilah”. (QS. Al Mu'min: 68). “Allah mengeluarkanmu dari perut ibumu tanpa mengetahui sesuatu apapun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”. (QS. An-Nahl: 78)

Saya tidak tahu ketika masih kecil ada teman-teman menanyakan hari kasih sayang. Ada teman bertanya kepadaku, kamu lahir kapan ? aku jawab, “ 14 Pebruari”. Emang kenapa? Aku tanya balik. Jawab temanku, “wah kamu dirayain ama orang sedunia”. Wah..kamu ngaco. Selanjutnya aku tidak menghiraukan info dari temanku tersebut. Karena memang aku tidak respek dengan info tersebut, dan memang aku tidak tahu hari valentine. (dasar aku wong deso).
Selang beberapa tahun (±10 tahun) saya hijrah ke Surabaya (kuliah di IAIN Sunan Ampel) saya baru tahu tentang Valentine. Selama di Surabaya saya tidak pernah ikut pesta-pesta valentine. Hanya melihat dan melihat doang. Disisi lain karena uang saku yang hanya cukup buat makan di kos-kosan.
Suasana Surabaya ramai saat valentine, stasiun TV, radio, dan majalah remaja serta di tempat-tempat perbelanjaan, perkantoran, restoran banyak menyajikan pesta valentine, marketing besar-besaran, para wanita memberi para pria yang mereka senangi dengan permen cokelat, bertukaran surat ucapan antar kekasih dan lain-lain.
Setelah itu, aku berpikir apa sebenarnya valentine itu. Aku coba belajar mencari info tentang hakekad valentine. Anda mau tahu?

Sejarah Singkat :


Cerita valentine's days bermula pada tanggal 14 Februari 269 Masehi, Santo Valentine, seorang pendeta harus menerima hukuman pancung dari raja Claudus II Ghoticus. Santo Valentine dianggap melanggar ketentuan imperium, yakni ia telah berani menikahkan sepasang remaja (tidak jelas namanya) yang sedang mengalami kisah kasih yang menyenangkan secara diam-diam.
Santo Valentine wafat pada tanggal 14 Februari 269 M, di kota Cisalpine Gaul, tepatnya di jalan Flaminia. Pihak gereja telah menobatkannya sebagai pahlawan yang dilindungi oleh orang yang bercinta. Paus St. Julius I telah membuatkan bangunan kehormatan untuk menghormati Santo Valentine tersebut.
Paus Ganesium I adalah pelopor pencetus peringatan hari kasih sayang pertama pada tahun 296 M. Peringatan hari tersebut juga diilhami oleh kebudayaan nenek moyang bangsa Romawi, yakni pemujaan terhadap Dewa Lupercus (dewa kesuburan, padang rumput dan hewan ternak) dan Dewa Faunus (dewa alam semesta). Namun tanggal peringatan adalah 15 Februari, dilakukan setiap tahun hingga abad ke-4 M., masa berkuasanya kaisar Constantine (280-337 M).
Kesimpulan:
Valentine days adalah hari kasih sayang yang dibuat tokoh gereja bangsa Romawi. Ini merupakan kebudayaan Romawi kuno. Pesta valentine days sebenarnya bukan dirayakan pada tanggal 14 pebruari tapi tanggal 15 Pebruari. Sebagai tanda valentine days diwujudkan dengan saling memberi benda seperti coklat, kartu, atau bunga dll.
Setelah aku tahu. Apa yang harus aku lakukan. Aku cari dalil al-Qur’an dan al-Hadits karena itu pedoman orang muslim. Wal-hasil sebagai berikut:
1. “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya”. (Q.S Al-Israa’: 36).
2. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS. Al-Hujuraat: 13).
3. “…Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (QS. Al-Kafirun: 1-6).
4. “Dia Yang Mematikan dan Menghidupkan (hal itu) untuk menguji siapa diantara kamu yang terbaik amalnya. Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”. (QS. Al-Mulk: 2).
5. “Hai orang-orang beriman! Jika engkau takut (bertaqwa) kepada Allah, niscaya Dia memberimu furqon (yang dengannya engkau membedakan yang benar dari yang salah) dan menghapuskan segala kesalahanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar”. (QS. Al-Anfal: 29).
6. “Dan jiwa yang Allah sempurnakan dan ilhamkan padanya pengetahuan akan dosa dan ketaqwaan. Sungguh beruntung orang-orang yang menyucikan jiwa”. (QS. Asy-Syams: 7-9)
7. Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri r.a bahwa Rasulullah Muhammad saw bersabda: "Kamu akan mengikuti sunnah (kebiasaan) orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sehinggakan mereka masuk ke dalam lubang biawak (buaya) kamu tetap mengikuti mereka. Kami bertanya: Wahai Rasulullah, apakah yang kamu maksudkan itu adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani? Baginda bersabda: Kalau bukan mereka, siapa lagi?" ( HR. Bukhari dan Muslim).

Kesimpulan :
Valentine itu hari perayaan orang Nasrani, dengan demikian kita cukup menghormatinya dan tidaklah mengikutinya. Walaupun aku lahir tanggal 14 Pebruari bukan berarti itu hari valentinku melainkan hari maulidku (hari lahirku). Walaupun aku berbuat memberi, menyayangi, berdagang, berpakaian rapi, berkumpul bukan berati aku merayakan valentine. Segala sesuatu pekerjaan dilihat dari niatnya. Hidup ini akan sangat bermakna bila kita senantiasa beramal shaleh. Mudah-mudahan aku tergolong orang yang bersyukur begitu juga anda.

Apakah anda demikian…? Tanyakan pada diri anda sendiri. Semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaca Kehidupan Semut bagi Kehidupan Manusia

Garis Besar Buku The Best Seller Biografi KH. Arief Hasan

Saiful Amin Ghofur Sang Penulis Buku